Konsep pembelajaran Bahasa Indonesia
Ada 4 konsep dalam pembelajaran bahasa indonesia,yaitu :
1. Keterampilan berbicara
Keterampilan berbicara adalah kemampuan mengungkapkab pendapat atau pikiran dan perasaan kepada seseorang atau kelompok secara lidan baik dekat ataupun jauh.
2. Keterampilan membaca
Keterampilan membaca adalah kemampuan mengenal dan memahami tulisan dalam bentuk urutan lambang-lambang menjafi wicara bermakna dalam bentuk diam-diam atau pengujaran keras.
3. Keterampilan menulis
Keterampilan menulis adalah membantu memahami cara mengekspresikan membaca dalam bentuk menulis,mendoronh siswa mengekspresikan diri secara bebas dalam bahasa tulis.
4. Keterampilan mendengarkan
Keterampilan mendengarkan adalah kegiatan aktif dalam menerima rangsangan.
Fungsi BAHASA INDONESIA
1. Alat ekspresi diri
2. Alat komunikasi
3. Alat integrasi dan adaptasi sosial
4. Alat kontrol sosial
Prinsip Pembelajaran Bahasa Indonesia SD/MI
1. Prinsip Kontekstual, bertujuan agar siswa dapat memahami makna materi dengan mengaitkan terhadap kehidupan sehari-hari.
2. Prinsip Integratif, bahasa indonesia disusun secara terpadu.
3. Prinsip Fungsional, bukan hanya guru sebagai sumber belajar tetapi antara guru,siswa,dan lingkungan harus berintegrasi menjafi sumber belajar.
4. Prinsip Apresiasif adalah prinsip belajar yang menyenangkan.
Ada 4 konsep dalam pembelajaran bahasa indonesia,yaitu :
1. Keterampilan berbicara
Keterampilan berbicara adalah kemampuan mengungkapkab pendapat atau pikiran dan perasaan kepada seseorang atau kelompok secara lidan baik dekat ataupun jauh.
2. Keterampilan membaca
Keterampilan membaca adalah kemampuan mengenal dan memahami tulisan dalam bentuk urutan lambang-lambang menjafi wicara bermakna dalam bentuk diam-diam atau pengujaran keras.
3. Keterampilan menulis
Keterampilan menulis adalah membantu memahami cara mengekspresikan membaca dalam bentuk menulis,mendoronh siswa mengekspresikan diri secara bebas dalam bahasa tulis.
4. Keterampilan mendengarkan
Keterampilan mendengarkan adalah kegiatan aktif dalam menerima rangsangan.
Fungsi BAHASA INDONESIA
1. Alat ekspresi diri
2. Alat komunikasi
3. Alat integrasi dan adaptasi sosial
4. Alat kontrol sosial
Prinsip Pembelajaran Bahasa Indonesia SD/MI
1. Prinsip Kontekstual, bertujuan agar siswa dapat memahami makna materi dengan mengaitkan terhadap kehidupan sehari-hari.
2. Prinsip Integratif, bahasa indonesia disusun secara terpadu.
3. Prinsip Fungsional, bukan hanya guru sebagai sumber belajar tetapi antara guru,siswa,dan lingkungan harus berintegrasi menjafi sumber belajar.
4. Prinsip Apresiasif adalah prinsip belajar yang menyenangkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar