PANDUAN OBSERVASI PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK
A. Panduan Observasi Perkembangan Fisiologis
Peserta Didik
Lembar Observasi Perkembangan Fisiologis Peserta Didik
No. |
Aspek Pengamatan |
Pilihan Jawaban |
Keterangan |
|
Ya |
Tidak |
|||
1. |
Memiliki
kemampuan pendengaran yang baik |
|
|
|
2. |
Memiliki
proporsi tubuh (kesesuaian tinggi dan berat badan) yang baik |
|
|
|
3. |
Menggunakan
alat tulis dengan benar |
|
|
|
4. |
Mampu menulis
dengan rapi |
|
|
|
5. |
Mampu berjalan mundur, berjalan ke
samping pada garis lurus |
|
|
|
6. |
Melompat tanpa jatuh |
|
|
|
7. |
Berdiri di atas satu kaki dengan seimbang |
|
|
|
B. Panduan Observasi Perkembangan Psikologis (Kognitif,
Emosi, Psikososial, dan Moral)
Lembar Observasi
Perkembangan Psikologis (Kognitif, Emosi, Psikososial, dan Moral)
No |
Aspek Perkembangan |
Indikator |
Penilaian |
Keterangan |
|
Ya |
Tidak |
||||
1. |
Kognitif |
a. Berani bertanya dan menjawab |
|
|
|
b. Mau mengemukakan pendapat
secara sederhana |
|
|
|
||
c. Bermain pura-pura tentang profesi |
|
|
|
||
d. Bekerja secara
mandiri |
|
|
|
||
e. Mengalami kesulitan ketika materi yang
disampaikan oleh guru tidak menggunakan contoh nyata atau benda di sekitar |
|
|
|
||
2. |
Emosi |
a. Tidak menyalahkan
atau menuduh orang lain tanpa bukti |
|
|
|
b. Mengakui dan meminta maaf atas kesalahan yang
dilakukan |
|
|
|
||
c. Dapat
mengendalikan emosi saat menghadapi masalah |
|
|
|
||
d. Mampu mengekspresikan
perasaannya |
|
|
|
||
e. Menerima kritik
dan saran |
|
|
|
||
3. |
Psikososial |
a. Tidak menggangu
teman |
|
|
|
b. Mau bekerja sama
dengan teman sebaya |
|
|
|
||
c. Bersedia bermain
dengan teman tanpa membedakan |
|
|
|
||
d. Mengajak teman
bermain atau belajar |
|
|
|
||
4. |
Moral |
a. Berangkat ke
sekolah tepat waktu karena takut hukuman |
|
|
|
b. Beribadah rutin
sesuai agama masing - masing |
|
|
|
||
c. Melaksanakan tugas
piket |
|
|
|
||
d. Mengucapkan tolong
dan terimakasih |
|
|
|
C. Panduan Observasi Motivasi Belajar
No. |
Indikator |
Aspek yang diamati |
Deskripsi |
1. |
Kepatuhan di sekolah |
a. Siswa senang dan bersemangat ke sekolah
dengan datang tepat waktu |
|
2. |
Ketekunan dalam
melaksanakan tugas tugas
pembelajaran |
a. Siswa mengerjakan latihan soal yang diberikan guru
di kelas |
|
b. Siswa mengumpulkan tugas
tepat waktu |
|
||
c.
Siswa mengerjakan tugas
yang diberikan dengan tuntas |
|
||
3. |
Keuletan dalam menghadapi
kesulitan |
a. Sikap
siswa saat diberikan
latihan soal yang cukup sulit oleh guru |
|
b. Merespon materi yang diberikan oleh guru |
|
||
4. |
Perasaan senang terhadap pembelajaran |
a. Keterlibatan siswa terhadap materi yang disampaikan guru |
|
5. |
Kemandirian dalam belajar |
a. Siswa
mencari sumber belajar di buku
lain atau di internet |
|
b. Berdiskusi dengan teman sebaya |
|
||
6. |
Kuatnya keinginan untuk
memperhatikan materi |
a. Siswa memperhatikan penjelasan materi pembelajaran |
|
b. Siswa
mengamati bahan ajar yang disediakan oleh guru |
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar